Pages

Selasa, 12 November 2013

Komparasi Antara Studi Perbandingan Politik dan Studi Perbandingan Pemerintahan

Perbandingan Pemerintahan dan Perbandingan Politik

Pengertian perbandingan pemerintahan, yaitu mensejajarkan unsur-unsur pemerintahan baik dalam arti luas maupun dalam arti sempit untuk mendapatkan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan dari objek atau objek-objek tadi dengan alat pembandingnya. Di dalam arti luas pemerintahan mencakup semua kekuasaan yang meliputi seluruh fungsi negara. Di dalam arti sempit, pemerintahan kerap kali dipahami sebagai aktivitas dari lembaga kekuasaan eksekutif.
Pemerintahan membentuk suatu sistem karena terkait dengan suatu kegiatan, di mana sejumlah unsur yang penting saling berhubungan dalam suatu proses melalui mana kebijakan-kebijakan dibuat, dikembangkan dan di implementasikan. Dengan demikian, ruang lingkup perbandingan pemerintahan dalam studi yang mengkombinasikan unsur-unsur dalam masyarakat yang membentuk suatu sistem politik. Unsur-unsur tersebut termasuk lembaga-lembaga 15 yang didirikan berdasarkan konstitusi seperti kepresidenan, kabinet, dan badan legislatif; juga termasuk partai-partai politik. Kelompok-kelompok kepentingan (sejauh mereka berpartisipasi dalam politik pemerintahan), birokrasi, dan pengadilan.
        Sedangkan studi perbandingan politik (comparative politics) mempelajari kegiatan-kegiatan politik dalam cakupan lebih luas, termasuk mengenai pemerintahan dan berbagai lembaganya dan juga aneka organisasi yang tidak secara langsung berhubungan dengan pemerintahan (antara lain adalah suku bangsa, masyarakat, asosiasi-asosiasi, dan berbagai perserikatan). Istilah perbandingan politik juga diartikan sebagai upaya untuk membandingkan segala bentuk kegiatan politik, baik itu yang berkaitan dengan pemerintahan maupun yang tidak berhubungan dengan pemerintahan.

         Perbandingan Pemerintahan mengacu pada studi mengenai sistem-sistem politik, dengan penekanan pada institusi dan fungsinya.
         Perbandingan Politik memiliki ruang lingkup yang lebih luas, yang meliputi studi institusi dan fungsi (sebagaimana Perbandingan Pemerintahan) dan juga ditambah dengan studi tentang “non-state politics”
   Dalam artian bahwa ruang lingkup perbandingan politik lebih luas daripada perbandingan pemerintahan, namun persamaannya adalah bahwa kedua studi tersebut menggunakan metode perbandingan.

   Di sisi lain, perbandingan politik, mengadopsi teori-teori dari disiplin lain selain ilmu politik seperti ekonomi, sosiologi, psikologi, dan anthropologi.
  Menurut Sidney Verba, ilmu perbandingan politik memiliki tiga karakter yang tidak dimiliki ilmu perbandingan pemerintahan:
  Perbapol menggunakan teori dan teknik yang lebih relevan daripada sekedar teori yang sifatna deskriptif.
     Mempelajari fenomena politik selain institusi formal pemerintahan.
     Mempelajari negara-negara baru di Asia, Afrika, dan Latin Amerika; berbeda dengan studi lama yang berfokus pada negara-negara Barat dan Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar